Pages

Subscribe:
Powered By Blogger

Friday 19 September 2014

Tugas Pemuliaan Tanaman




Tugas Pemuliaan Tanaman
1.      Cari contoh penyebaran tanaman oleh seorang ahli vavilop (8 negara itu) ?
A.    Cina
Merupakan pusat asal tanaman budidaya tertua dan terluas di dunia. Daerah ini terdiri dari pegunungan dibagian tengah dan barat serta diikuti lembah yang luas.Macam tanaman di daerah ini adalah :
1)      Mentimun ( Cucumis sativus ).
2)      bawang daun ( Allium fistulosum ).
3)      Kedelai   (Glycine max).
4)      Gandum ( Avera meda ).
5)      uwi cina (Dioscorea opposita).
6)      Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris)
7)      Jeruk (Cytrus sinensis)

B.     india
Sebagian besar terletak di daratan India ditambah daerah Burma dan Assam. Daerah ini menurut Vavilov merupakan tempat kelahiran tanaman padi, banyak tanaman kacang-kacangan dan tanaman buah-buahan. Macam macam tanamannya adalah
1)      Padi ( Oryza sativa L ).
2)      Kacang hijau (Vigna radiata).
3)      terung (Solanum melongena)
4)      talas (Colocasia esculenta).
5)      mentimun (Cucumis sativus)

      B.1. Berpusat di Indo-Malayan, terdiri dari :
1)      Yam (Diocorea sp.)                           
2)      Jeruk besar (Citus maxima)
3)      Pisang (Mussa sp)                              
4)      Kelapa (Cocos nucifera)
5)      Tebu (Saccharum officinarum).


C.     Pusat Asia Tengah
   Termasuk semua kawasan Afganistan, Barat Daya india dan sebagian kecil daerah rusia. Daerah ini tidak sepenting dua pusat terdahulu sebagian asal tanaman budidaya. Menurut Vavilov daerah ini merupakaan tempat kelahiran beberapa spesies gaandum dan kopi.
macam tanaman :
1)      bawang putih (Allium sativum)
2)      bawang Bombay (Allium cepa)
3)      melon (Cucumis melo)
4)      Kapri (Pisum sativum)
5)      sawi hijau (Brassica juncea)
6)      wortel (Daucus carota L)

D.    Pusat Asia Timur Dekat
Termasuk daerah Asia kecil, Iran dataran tinggi Turki. Dimana-mana di daerah ini terdapat bermacam-macam tanaman gandum (wheat) meupakan juga tanaman biji-bijian ternama makanan ternak, sayuran dan buah-buahan.
macam tanaman :
1)      Kapri (Pisum sativum)
2)      Melon (Cucumis melo)
3)      Ercis (Pisum sativum L)
4)      Delima (Punica granatum L)
5)      Flax (Linum usitatissimum L.)
6)      Haver (Avena sative L)

E.     Pusat Mediteran
              Daerah ini terletak disekitar laut mediteran, baik yang merupaakan bagian daratan Eropa maupun afrika. Menurut Vavilov merupakan asal banyak macam sayuran.
macam tanaman :
1)      Seledri (Apium gravecolens L).
2)      Jintan hitam (Negella sativa L.)                                   
3)      Lavender (Lavandula ver DC )
4)      Peperment (Mentha piperita L.)
5)      Asparagus (Asparagus officinalis L)
6)      Bit gula (Beta vulgaris)

.     F.  Pusat abisinia
       Terletak dibagian afrika Timur daya menghadap ke laut Merah. Daerah ini juga banyak ditemui tanaman sebangsa gandum.
          Macam tanaman :
1)      Ercis (Pisum sativum)
2)      Wijen (Sesanum indicum)
3)      Jarak (Ricinus communis)
4)      Flax (Linum usitatissiumum)
5)      Kopi arabika (Coffea arabica)
6)      Kara oncet (vicia faba)

G.    Pusat Meksiko Selatan dan Amerika Tengah
Termasuk daerah sekitar perbataasan antara amerika tengah dan utara. Menurut vavilov merupakan. Kelahiran tanaman jagung, lada dan tanaman buah-buahan tropika. Mungkin juga untuk tanaman coklat, ketela rambat dan spesies kapas.
       Macam tanaman :
1)      Jagung (Zea mays)
2)      Kacang parang (Canavalia ensiformis)
3)      Ubi jalar (Ipomoea batatas )
4)      Cabai merah besar (Capsicum annum L)
5)      Pepaya (Carica papaya)

H.    Pusat Amerika Selatan
Termasuk bagian daerah Peru, Ekoador dan Bolivia. Daerah ini merupakan daerah pegunungan, sehingga terdiri dari cukup banyak spesies dari beberapa jenis tanaman.Menurut Vavilov merupakan daerah khusus untuk kentang.
Macam tanaman :
1)      Kacang kratok (Phaseolus lunatus)
2)      Buncis (Phaseolus vulgaris)
3)      Labu (Cucurbito maximo )
4)      Kapas (Gossypium barbabadense)
               H.1. Berpusat di Chili. Terdiri dari  :
1)      Kentang (Solanum tuberosum)
                H.2 .Berpusat di Brasilia dan Paraguae, terdiri dari  :
1)      Ketela pohon/cassava (Manihot utilissima)
2)      Kacang tanah (Arachis hypogaea)
3)      Kakao (Theobroma cacao)
4)      Karet (Hevea brasiliensis)
5)      Nenas (Ananas comosus)
                     ghannipw.blogspot.com/2014/01/pusat-penyebaran-tanaman.html

2. Cari contoh tanaman secara aseksual yang vegetatif obligat dan vegetatif fakultatif  ?
            Perkembanganbiakan vegetatife (aseksual) berdasarkan pola penyebaran tanaman membiak secara vegetative dibedakan menjadi tanaman membiak vegetative obligat dari tanaman membiak fakultatif. Tanaman membiak vegetative obligat hanya memperbanyak diri secara aseksual karena organ aseksualnya tidak berfungsi atau lengkap. Contoh tanaman pisang (triploid) tidak menghasilkan polan sehingga perbanyak hanya dilakukan secara vegetative. Contoh lain tanaman manggis, dimana tanaman manggis membiak secara fakultatif masih mampu melakukan perbanyakan secara seksual tetapi system perbanyakan aseksual menjadi lebih baik karena berbagai alasan, antara lain :
a)      Tanaman lebih mudah terbentuk secara aseksual atau vegetative, misal : nanas memkbiak dengan crown, slip, shoot dan sucker. Hal ini karena nanas sulit terbentuk, karena keserasian sendiri (self ancompability ).
b)      Perbanyakan vegetative menghasilkan populasi lebih seragam. Perbanyakan bawang secara vegetative lebih disukai daripada biji karena keseragaman populasi. Jadi, pembiakan vegetative diringkas sebagai berikut :
1)      Penggunaan biji apomiksis (pada manggis)
2)      Penggunaan struktur vegetative khusus : sulur atau runer pada strawberry, umbi lapis pada bawang, umbi sisik atau cron pada gladiol atau akar rimpang rhizome, umbi batang pada kentang, umbi akar pada ubi jalar.
3)      Akar adventif atau tunas adventif ( cocor bebek )
4)      Vegetative buatan atau grafting : cangkok, okulasi, stek dan sambungan
5)      Kultur jaringan
Semua keturunan hasil perkembangan aseksual mempunyai keseragaman genotif, namun dapat pula terjadi perbedaan karena adanya mutasi, baik mutasi gen maupun mutasi kromosom. Dalam bidang pertanian khususnya tanaman hortikultura dan perkebunan banyak memanfaatkan pembiakan secara vegetative. Pada umumnya pembiakan vegetative berbuah dan berbunga lebih cepat. Pertambahan populasi tanaman secara alami dapat terjadi karena adanya organ – organ vegetative yang dapat tumbuh langsung menjadi tanaman baru.

3. Cari contoh tanaman secara seksual yang menyerbuk sendiri dan menyerbuk silang
?
1)      Tanaman secara seksual yang menyerbuk sendiri yaitu kedelai, gandum, jelai, padi, kacang tanah, sorgum, buncis dan jeruk.
2)      Tanaman secara seksual yang menyerbuk silang yaitu jagung, mangga, pepaya, bunga matahari, apokat, pisang, ceri, anggur, durian, beberapa kacang-kacangan, asparagus, bit, kubis, wortel, seladri, bawang, sawi, brambang, ketela pohon, ketela rambat, semangka, kelapa dalam, kakao, kopi robusta.

4. Jelaskan mengapa tanaman lebih suka menyerbuk sendiri !
Penyerbukan sendiri adalah penyatuan sel telur dan sperma yang berasal dari 1 tanama. Jika presentase penyerbukan sendiri lebih dari 95% maka tanaman itu dikelompokan ke dalam tanaman menyerbuk sendiri. dengan penyerbukan sendiri dapat dipertahankan homozigositas atau diperoleh proporsi yang makin tinggi bila dilakukan penyerbukan sendiri terus menerus dari tanaman heterozigot. Penyerbukan sendiri karena sifat genetik dan susunan marfologi bunga. Sifat genetik yang dimaksud adalah kemampuan sel kelamin tanaman untuk bergabung sendiri. Kelompok tanaman yang tergolong dalam penyerbukan sendiri adalah sorgum, padi, gandum, kacang tanah, kedelai, buncis dan jeruk.
Sumber  : rsbku.blogspot.com/2014/03/laporan-praktikum-pemuliaan-tanaman-3125.html


5. Jelaskan mengapa tanaman lebih suka menyerbuk silang
?
Tanaman disebut melakukan penyerbukan silang apabila tepung sari yang menyerbuki kepala putik berasal dari tanaman yang berbeda. Bisa berasal dari bunga tanaman lain yang satu spesies, bisa juga dari bunga tanaman lain beda spesies. Beberapa contoh tanaman yang menyerbuk silang diantaranya yaitu : Jagung, Mangga, Pepaya dan bunga matahari. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan tanaman menyerbuk silang, antara lain :
1)      Morfologi bunga menghalangi serbuk sari menyerbuki kepala putik bunganya sendiri. Morfologi bunga adalah bentuk dan susunan fisik bunga yang tampak dari penampilan luarnya. Morfologi bunga tertentu bisa menghalangi tepung sari untuk menyerbuki kepala putik yang ada pada bunga yang sama. Misalnya, posisi benang sari yang terletak lebih rendah dari kepala putik. Sehingga, secara teknis sangat mustahil bagi benang sari untuk jatuh pada kepala putik secara alami. Kecuali jika ada serangga atau media lain yang membantunya untuk sampai ke kepala putik.
Secara morfologi penyerbukan sendiri juga bisa terhalang karena dalam satu bunga hanya terdapat satu jenis alat kelamin saja. Misalnya tepung sari saja atau kepala putik saja. Sehingga, mau tidak mau penyerbukan silang harus terjadi. Contohnya pada tanaman jagung yang tepung sari dan kepala putiknya terletak pada bunga yang berbeda. Bunga pada tanaman jagung disebut juga dengan bunga monoeceous, karena bunga jantan dan betina ditemukan dalam satu tanaman. Selain itu dalam dunia tumbuhan dikenal juga istilah bunga dioeceous yaitu bunga jantan dan betina teletak pada tanaman berbeda. Contohnya pada tanaman pepaya. Jadi, secara morfologi peluang untuk melakukan penyerbukan silang pada tanaman yang memiliki bunga monoeceous dan dioeceous sangat besar.
2)      tepung sari dan kepala putik masak pada waktu yang berbeda. Ciri lain tanaman yang berpeluang menyerbuk silang adalah tepung sari dan kepala putik dalam satu bunga masak pada waktu yang berbeda. Seperti kita tau, penyerbukan hanya akan terjadi jika alat kelamin jantan dan betina pada bunga sama-sama dalam kondisi matang (tepung sari siap diserbuki dan kepala putik siap diserbuki). Jika salah satu dari kedua alat kelamin tersebut belum matang, maka penyerbukan tidak akan terjadi.
Jadi, ketika kepala putik matang terlebih dahulu dari pada tepung sari maka penyerbukan silang dari tepung sari bunga lain akan sangat membantunya untuk berkembang menjadi alat perkembangbiakan (buah dan biji). Demikian juga sebaliknya.
3)      secara genetik adanya inkompatabilitas (ketidaksesuaian) antara sel gamet jantan dan betina pada satu bunga. Nah, faktor selanjutnya yang menyebabkan tanaman menyerbuk silang adalah ketidaksesuaian antara sel gamet jantan dan betina yang ada dalam satu bunga yang kemudian dikenal dengan istilah inkompatabilitas. Artinya, penyerbukan oleh tepung sari dari bunga yang sama tidak pernah berhasil menyatukan sel gamet jantan dan betina.

sumber : puncakbukit.blogspot.com/2012/10/perkembangbiakan-tanaman-kelompok_4171








0 comments: