Pages

Subscribe:

Wednesday, 17 August 2016

1000 POHON UNTUK KONSERVASI LINGKUNGAN JEMPANANG





Penghijauan merupakan salah satu hal penting untuk memperbaiki kualitas lingkungan dan kehidupan makhluk hidup. Penhijauan merupakan program nasional yang dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia. Khususnya di Bali penghijauan di gunaan untuk memulihaan, memelihara dan meningkatkan fusngsi lahan secara optimal baik itu tata air ( wilayah resapan ) atau  pelindung lingkungan. Selain itu, tumbuhan hijau memberikan berbagai fungsi bagi kebutuhan makhluk hidup untuk meningkatkan kualitas lingkungan. Melihat banyaknya terjadi penebangan liar dan lahan marjinal yang tidak di manfaatkan, Pada periode KKN-PPM XIII 2016  Universitas Udayana, mahasiswa di Dusun Jempanang Desa Belok Sidan melakukan tindakan penghijauan untuk konservasi lingkungan Jempanang. Kegiatan penghijauan dilakukan dengan menyumbangkan 1000 bibit pohon buah yang dibagikan ke warga daerah setempat secara gratis. Tujuan dari pemberian bibit pohon buah ini adalah untuk menunjang pendapatan warga setempat di masa mendatang.

“ menurut saya ini sangat bermanfaat karena dapat membantu warga dalam meningkatkan penghasilan di bidang pertanian karena buah dan kayu dapat menambah penghasilan warga setempat, selain meningkatan juga mencegah terjadinya pemanangsan global karena sudah banyaknnya penebangan liar yang menyebaban hutan gundul dan makhluk hidup tidak dapat hidup dialam,jika hutan sudah gundul maka anak dan cucu tida dapat mengehatui betapa indahnya alam kita  “ tutur kepala desa belok sidan  ( I Made Rumawan )

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kantor Persemaian Permanen BPDASHL Unda Anyar dan kelompok tani dusun Jempanang untuk membagikan bibit pohon buah ke warga. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari (24/7 sampai 27/7) dihitung mulai dari pendataan ke rumah-rumah warga dan kepada ketua kelompok tani yang berada di dusun jempanang, pendatangan bibit dari kantor permenen BPDASHL unda anyar kedusun jempanang, pengelompokan jumlah bibit pohon buah yang akan dibagikan, dan pembagian bibit pohon buah ke warga Dusun Jempanang. Penanaman bibit pohon buah dilakukan secara simbolis oleh kepala desa Belok Sidan, kepala Dusun Jempanang, Dosen Pendamping Lapangan KKN-PPM XII 2016  Universitas Udayana desa Belok Sidan. Sistematis pembagian bibit pohon buah dilakukan secara langsung ke masing- masing Kepala keluarga di dusun jempanang (175 kepala keluarga). Masing-masing kepala keluarga mendapatkan 5 sampai 6 bibit pohon buah. 
“saya rasa kegiatan ini perlu ditingkatkan khususnya di daerah-daerah lain yang masih tertinggal namun memiliki potensi besar untuk di lakuan penghijauan, agar mereka dapat  memanfaatkan lahan marginal  dan sehingga penghasilan warga sekitar meningkat dan alam di desa tersebut menjadi hijau sehingga makhluk hidup di alam ajeg dan lestari ,” ungkap kepala dusun jempanang ( I Made Rika ) ”.

0 comments: