Pages

Subscribe:

Sunday, 25 December 2011

3 tempat indah dan unik di bali

Terumbu karang Pantai Tulamben
Area Tulamben desa Kubu, adalah Tempat yang sangat menarik di Pulau Bali, terutama bagi mereka yang mencintai olahraga selam. Secara geografis administratif, Tulamben terletak di kabupaten Karang Asem, dan berjarak sekitar 100 km dari kota Denpasar yang biasa ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda 4.

Di Tulamben sendiri, Diving site yang sangat terkenal adalah Bangkai Kapal Cargo atau Shipwreck USS Liberty yang tenggelam 30 meter saja dari bibir pantai berbatu desa Tulamben. Kedalaman bangkai kapal (Ship Wreck) ini dimulai dari kedalaman 5 - 35 meter.

Bangkai kapal ini dihuni oleh ribuan jenis satwa laut dari ikan, udang, siput laut (nudibranch), kepiting, dan beraneka ragam coral. Bahkan beberapa hewan besar seperti Hiu, Whale Shark, dan Sunfish / Mola mola kerap dijumpai di daerah ini. Hal ini sangat disukai oleh fotografer bawah air dari mancanegara. Mau motret wide angle atau macro, semuanya tersedia di Tulamben.

Selain shipwreck liberty, berjalan ke arah timur sejauh 100m sudah dapat ditemukan dive site Drop off yang memiliki kontur jurang bawah air (wall) dengan vizibility yang cukup baik.

Bila pasir di Tulamben bay ini berwarna hitam berbatu, namun uniknya hanya terpaut 150 meter ke sebelah timur dari drop off sudah dijumpai dive site dengan pasir berwarna putih. Site ini antara lain allamanda dan batu kelebit. Untuk menyelam diareal ini biasanya kita menggunakan perahu tradisional bali yang sering disebut "JUKUNG".





Gunung Agung
Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem - Bali.

Gunung Agung adalah gunung berapi tipe [[stratovolcano]], gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang terkadang mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.

Dari puncak gunung Agung kita dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok, meskipun kedua gunung tertutup awan karena kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan.

Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa Gunung Agung adalah tempat bersemayamnya dewa-dewa, dan juga masyarakat mempercayai bahwa digunung ini terdapat istana dewata. Oleh karena itu, masyarakat bali menjadikan tempat ini sebagai tempat kramat yang disucikan.




Air Terjun Gitgit
Air Terjun ini merupakan air terjun terbesar dan tertinggi di Bali, terletak di Desa Gitgit Kecamatan Sukasada. Dari Kota Singaraja berjarak 11 km ke arah selatan menuju Desa Pancasari dan Bedugul. Air terjun yang berketinggian ± 35 meter ini sangat asri dan memiliki panorama yang indah dan berada di lingkungan yang berhawa sejuk.Turun dengan jalan kaki setelah melewati tempat Parkir Gitgit, beberapa pemuda lokal yang diorganisir oleh desa adat setempat menawarkan jasa mengantar para wisatawan menuju wisata air terjun yang indah ini. Disamping suara deburan air terjun dan kicauan burung, hamparan sawah, perkebunan cengkeh dan kopi / begitu pula tumbuhan bambu sepanjang jalan menuju air terjun menyuguhkan suasana damai dan alami.




0 comments: