Pages

Subscribe:

Friday, 11 October 2013

ISBD TENTANG IPTEK



Iptek

Manusia sains dan teknologi
Manusia, sains dan teknologi adalah satu kesatuan yang saling berkaitan. Bumi berputar pada porosnya, begitu pula dengan kehidupan manusia tentu berputar sesuai dengan kehendakNya. Seiring dengan perubahan zaman maka sains dan teknologipun ikut berkembang. Sains merupakan ilmu pengetahuan yang reatur serta kebenarannya dapat teruji. Sedangakn tekhnologi adalah keterampilan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam yang berguna untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan kehidupan. Tekhnologi ada 3 macam, yaitu tekhnologi modern, tekhnologi madya dan tekhnologi tradisional.
 Perkembangan iptek memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia, baik itu dampak positif maupun dampak negative. Berikut adalah dampak positif perkembangan iptek:
1.      Mempermudah kehidupan manusia, contohnya alat transfortasi.
2.      Dapat menguak kebesaran Alloh SWT yang telah tercantum dalam Al-Quran sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Alloh.
3.      Mendukung manusia kearah kemuliaan yang sesungguhnya sehingga manusia menjadi lebih beradab dan berbudi.
Adapun dampak negatifnya, antara lain:
1.      Penggunaan iptek yang disalahgunakan akan mnghancurkan moral anak bangsa. Contohnya membuka situs porno
2.      Menimbulkan persaingan yang tidak sehat karena ingin bertahan dalam era yang semakin maju.
3.      Menyebabkan polusi udara dan global worming.
4.      Penyempitan lahan.
Dampak positif dan negative di atas adalah sebagian kecil yang di hasilkan dari perkembangan sains dan tekhnologi (iptek). Untuk itu agar manfaat iptek lebih terasa maka kita harus menggunakan sumber daya alam dengan secukupnya serta menggunakan bahan yang ramah lingkungan agar dampak negatifnya lebih sdikit.
Perkembanga iptek haruslah di landasi dengan pertimbangan nilai, moral dan agama agar perkembangan iptek lebih terasa manfaatnya dan memberikan kemaslahatan bagi kehidupan manusia. Apabila perkembangan iptek tidak berklandaskan nilai, moral dan agama maka bukan tidak mungkin akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bahkan akan menjeumuskan kita pada kekufuran

0 comments: