Pages

Subscribe:
Powered By Blogger

Sunday 8 June 2014

laporan matakuliah kewirausahaan



LAPORAN  KEWIRAUSAHAAN
Jenis Usaha : “RELEASE SUFFERING” fashion studio And Clothing








Disusun Oleh :
Nama            : Wayan Agus Andi Sulhan
Nim              : 1305105077






Agroekoteknologi
 Fakultas Pertanian
Universitas Udayana
2013/2014

KATA PENGANTAR

“OM SWASTYASTU”
                       
Puja dan puji syukur saya panjatkan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa,Tuhan Yang MahaEsa karena berkat rahmat-Nya lah Laporan Praktikum Kewirausahaan yang berjudul‘’RELEASE SUFFERING” fashion studio And Clothing’’ dapat saya selesaikan tepat pada waktunya.
            Begitu banyak hambatan-hambatan yang saya jumpai selama pengerjaan laporan ini tetapi berkat bantuan dari semua pihak akhirnya semua hambatan itu dapat teratasi. Saya menyadari bahwa dalam tugas yang saya buat ini, masih jauh dari sempurna seperti pepatah mengatakan’’Tiada Gading Yang Tak Retak’’.Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan tugas ini, agar menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat bagi semua pihak.
            Sebagai akhir kata, saya  juga berharap betapa pun kecil dan sederhananya laporan praktikum kewirausahaan ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

OM SANTIH SANTIH SANTIH OM’’


Bukit jimbaran, 8 juni 2014



                               Penulis,




DAFTAR ISI
COVER……………………………………………………………………………….        1
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………        2
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………         3
BAB I
PENDAHULUAN……………………………………………………………………        4
A.latar belakang
B.Tujuan
C.keunggulan produk
BAB II
PROSES USAHA………………………………………………………………………     5
A.      Proses pengelolaan usaha
B.      Proses produksi
C.      Rencana pemasaran dan sasaran produk

BAB III
RENCANA ANGGAR…………………………………………………………….           …..      7

A.            Rencana anggaran

BAB IV
PENUTUP …………………………………………………………………………                        10
A.            Kesimpulan
B.             Manfaat usaha









BAB I
PENDAHULUAN


A.      LATAR BELAKANG
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi customer, maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi mata kuliah kewirausahaan ini, kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mandapatkan pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untuk masa yang akan datang. Saat ini usaha yang kami jalankan adalah mencoba menawarkan jasa menjait dan pembuatan pakaian. Dahulu pakaian  merupakan kebutuhan primer belaka. Seiring dengan berkembangnya dunia industri, hiburan, informasi dan teknologi, gaya, fashion menjadi media untuk menunjukkan eksistensi seseorang dalam komunitasnya. Dengan mengikuti gaya busana tertentu, seseorang bisa menunjukkan jati dirinya. Hal ini menunjukan bahwa saat ini gaya berpkaian  sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Saat ini industri fashion terus mengalami perkembangan dan tidak pernah pudar seiring berkembangan zaman.  Selain itu di daerah kami banyak terdapat tenaga kerja penjahit yang dapat diajak bekerja sama. Inilah alasan mengapa kami memilih bidang fashion sebagai acuan membuat usaha ini.

B.      TUJUAN
Tujuan usaha ini bukan hanya mencari  materi semata , melainkan juga mencari penekanan kepada pengalaman sebuah proses wirausaha karena melalui pemasaran dan penjualan ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan dan memberi penjelasan dan pelayanan terbaik agar customer merasa puas terhadap produk dari fashion studio dan clothing yang saya punya .

C.      KEUNGGULAN PRODUK

Perbedaan dan Keunggulan dengan usaha sejenis yang lain :
1.       Melayani dengan service excellent
2.       Memberikan pelayanan konsultasi fashion dengan fashion designer kepada customer
3.       Menyediakan bahan kualitas baik
4.       Kualitas jahitan yang deluxe dan rapi berfuring.
5.       Menerapkan system desain produk hanya digunakan sekali agar produk tetap eksklusif.
6.       Design sesuai dengan trend yang berlaku



BAB II
PROSES USAHA


A.      PROSES PENGELOLAAN USAHA

1.       Menyiapkan tempat usaha yang strategis
2.       Menyiapkan peralatan usaha seperti mesin jahit, meja potong, standing hanger, dsb.
3.       Membuat main label.
4.       Merekrut karyawan.
5.       Membuat beberapa produk untuk sebagai contoh/sample.

B.      PROSES PRODUKSI

1.      Customer datang, berkonsultasi dengan fashion designer ingin produk seperti apa dan produk seperti apa yang cocok (jenis kain, warna, model,dsb)
2.       Fashion designer membuat sketsa dan menawarkan kepada customer.
3.       Setelah design disetujui customer, segera melakukan pengukuran
4.       Customer membayar DP 30% sebagai tanda jadi.
5.       Membeli bahan dan perlengkapan (benang, risleting, kancing, pelapis, dsb)
6.       Menuju proses produksi
a.       Membuat pola sesuai ukuran customer dan sesuai sketsa
b.      Memotong kain sesuai pola
c.       Menjahit
d.      Finishing (mengesum, memasang aksesoris, dsb)
7.       Melakukan fitting pertama dengan customer
8.       Jika ukuran kurang pas segera diperbaiki
9.       Melakukan fitting kedua
10.   Pengemasan produk
11.   Produk diserahkan kepada customer setelah pelunasan biaya dilakukan.


C.      RENCANA PEMASARAN DAN SASARAN PRODUK

1.       Rencana Pemasaran
a.       Melalui display distand-stand toko
b.      Mencetak kartu nama dan dititipkan pada toko- toko kain, distro-distro ,dsb.
c.       Melalui media social
Website           : www.Releasesufferingclothing.com
Facebook         :  release suffering clothing bali
Twitter            : @RLSR_cloth
Pin bb : 28a5e5a9
d.      Pemasaran dari mulut ke mulut
e.      Pameran di event – event fashion



2.       Sasaran Pasar

Target pasar usaha ini adalah dari kalangan bawah sampai kalangan atas ,dari anak-anak muda sampai tua dan dari segala profesi ( anak band , anak sekolah , pakaian kerja ) dengan ketetapan harga yang sesuai kelas sasaran.








BAB III
RENCANA ANGGARAN


A.      RENCANA ANGGARAN

1.       BIAYA AWAL KEBUTUHAN

a.       Kebutuhan Tempat Usaha
NO
Jenis Barang
Jumlah
Harga Satuan
Total
1

2
3
4
5
6
7
Tempat usaha
(di rumah)
Cat
Gordyn
Lampu
Etalase
Cermin
Standing Hanger
-

2kaleng
2 unit
3 unit
1 unit
2 unit
2 unit
-

50.000
150.000
30.000
500.000
50.000
50.000
-

100.000
300.000
90.000
500.000
100.000
100.000




1.190.000





b.      Kebutuhan Peralatan

No
Jenis Barang
Jumlah
Harga Satuan
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Mesin Jahit HighSpeed
Mesin Obras
Setrika Uap
Steamer
Papan Setrika
Meja Potong
Gunting Kain
Pelapis Fislin
Pelapis Morigula
Kain Keras
Hanger
2
1
1
1
1
1
3
1 roll
1 roll
1 roll
2 lusin
2.000.000
2.500.000
1.000.000
1.200.000
100.000
100.000
50.000
150.000
250.000
300.000
25.000
4.000.000
2.500.000
1.000.000
1.200.000
100.000
100.000
150.000
150.000
250.000
300.000
50.000



total
9.800.000



c.       Rekapitulasi Kebutuhan Total

No
Keterangan
Jumlah
1
2
Kebutuhan Tempat
Kebutuhan Peralatan
Rp. 1.190.000
Rp. 9.800.000

total
Rp. 10.990.000




2.       BREAK EVENT POINT

a.       Fixed Cost (Biaya Tetap)

Biaya Operasional:

No
Jenis Barang
Jumlah
Harga
1
2
3

4
Biaya pemeliharaan mesin
Biaya listrik
Gaji Karyawan
(2 orang @ 40.000/hari)
Lain-lain
1 bulan
1 bulan
1 bulan
50.000
200.000
2.400.000

50.000


 total
2.700.000

b.      Variable Cost

No
Jenis Barang
Jumlah
Harga

Plastik Kemasan
Label
Tas Kertas
Biaya Nota




total
10.000

c.       Harga Jual

Tabel Ongkos Jahit

Jenis Busana
Ongkos Jahit
Baju Jadi (mulai dari)*
Kemeja :
    Panjang
    pendek
Rok :
1.             Pendek
2.             Panjang
Celana Pantalon
 Jacket :
Kaos polo
kaos
 W Jas

55.000
45.000

40.000
60.000
85.000
100.000
15.000
10.000
200.000

150.000
135.000

60.000
80.000
120.000
250.000
75.000
65.000
500.000
total
610.000


*tergantung jenis bahan, tingkat kesulitan, dsb.

Perkiraan unit terjual
Produk
Harga (RP)
Variabel Cost (Rp)
Perkiraan unit yg terjual/bulan
kaos
Kemeja
Rok :
1.           Pendek
2.            Panjang
Celana Pantalon
Kaos polo
jacket
Jas
65.000
100.000

60.000
80.000
120.000
75.000
250.000
500.000

10.000
10.000

10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000

30
20

5
5
15
10
35
5

total
1.250.000
80.000
120
  Perkiraan total terjual =  total harga * perkiraan unit terjual/bulan + variable cost
                                      = 1.250.000* 120 + 80.000
  = 150.080.000

Mencari laba perbulan = perkiraan total terjual – BO - Rekapitulasi Kebutuhan Total- DLL
                                    = 150.080.000 – 2.700.000- 10.990.000- 130.000.000
= 6.390.000.

Untung/laba perbulan dari bisnis ini 6.390.000.

BAB IV
PENUTUP


A.      KESIMPULAN

Industri Fashion tidak pernah mati. Seiring perkembangan jaman, justru semakin berkembang. Prospek usaha ini cukup bagus, melihat dimana semakin banyak konsumen yang mementingkan kualitas produk yang baik dan eksklusif dengan pelayanan yang memuaskan dibandingkan dengan membeli mess produk dengan kualitas rendah namun harganya murah.

Usaha fashion studio dan clothing ini mengutamakan kepuasan pelanggan dengan service excellent. Untuk customer yang selama ini kesulitan membeli pakaian yang fit dengan ukuran tubuh mereka, disini kami memberikan jaminan baju yang diorder pas dan fit dibadan costumer . Ini salah satu keunggulan usaha ini.


B.      MANFAAT USAHA­­­

1.    Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen sehingga konsumen merasa puas
2.   Memberikan kontribusi di dunia fashion dengan cara ikut serta dalam pameran – pameran dan fashion show (ajang promosi)
3.   Membuka lapangan kerja baru seiring berkembangnya usaha.
4.    Menjalin kerja sama yang baik dengan supplier, konsumen, dan instansi-instansi terkait.

0 comments: