Pages

Subscribe:

Saturday, 17 May 2014

Lahan kampus Fakultas Pertanian arsitektur landskap



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Lahan kampus Fakultas Pertanian yang cukup luas terlihat tidak beraturan dan agak terbengkalai. Sungguh disayangkan, Fakultas Pertanian yang semestinya menjadi contoh untuk kampus Fakultas lain dilingkungan Universitas Udayana dalam hal keindahan lingkungan dan penghijauan. Namun yang terjadi justru sebaliknya, kampus pertanian tidak sesui dengan harapan.
Halaman kampus yang semestinya menjadi tempat favorit bagi para mahaiswa untuk menikmati kenyamanan, melepas penat, serta berdiskusi tugas sangat jauh dari harapan. Terlihat halaman yang aga gersag membuat mahasiswa kurang nyaman, dan justru enggan untuk disana da tidak betha berada dikampus.
Perlunya perbaikan areal kampus dan penghijauan sangat cocok untuk digalakkan. Serta penataan ruang yang baik agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya adalah Pekerjaan rumah yang harus dibenahi secepatnya.
Fakultas Pertanian UNUD memiliki banyak dosen yang ahli dibidang Lansekap yang cocok untuk pembenaha ruang. Dan dosen dosen serta mahasiswa yang cukup kompeten dapat dimafaatkan untuk membenahi masalah tersebut. Bukan tidak mungkin Fakultas pertanian dapat membenahi masalah tersebut jika melihat tenaga ahli yang dimiliki.
1.2  Rumusan Masalah
Sejauh mana kesuaian atar ruang dengan aktivitas pengguna?
1.3  Tujuan
Mengetahui kesesuaian antar ruang dengan aktivitas pengguna.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Ruang
            Ruang adalah sebidang lahan atau suatu areal memiliki batas batas yang jelas dan memiliki kingsi tertentu, baik itu fungsi ekologis, estetis, dan social ekonomi.
Ruang dapat dikatakan sebagai Elemen Lansekap.
Ruang yang dimaksud kali ini adalah ruang yang ada dilingkungan Fakultas Pertanian. Meliputi : Areal Parkir, Tama Depan Gedung Dekanat, Padma, dan Lapangan Upacara.
2.2 Pengguna
            Pengguna adalah yang menggunakan atau yang berperan beraktivitas di Ruang atau bentang alam tersebut. Pengguna yang dimaksudkan disini tentunya adalah Penghuni Fakultas Pertanian tersebut, yakni para civitas akademika disana serta para staf dan pengunjung.
2.3 Kesesuaian antara Ruang dan Aktivitas Pengguna
            Adanya ruang tentunya harus diimbangi dengan penggunaannya yaitu keterkaitannya dengan aktivitas penggunanya.
Pengguna
Aktivitas Pengguna
Ruang
Mahasiswa
parkir kendaraan mahasiswa
Areal Parkir
OSPEK & Pengumpulan Mahasiswa Baru
Lapangan Upacara
Upacara Bendera
Duduk, Berkumpul, berdiskusi mengerjakan tugas
Taman Dekanat
sembahyang/Ibadah
Padma
Dosen/Staf
Parkir kendaraan Dosen/Staf
Areal Parkir
Upacara
Lapangan Upacara
sembahyang/Ibadah
Padma
Pengunjung Lain
Parkir Kendaraan Pengunjung
Areal Parkir
sembahyang/Ibadah
Padma
*Tabel keterkaitan antara pengguna dengan aktivitas pengguna pada masing-masing ruang



            Tabel diatas juga dapat dipaparkan dalam bentuk bagan berikut:
bagan lanskap FP.png
            Kesesuaian antar ruang dan aktivitas pengguna yang digambarkan melalui table dan bagan diatas dapat dipaparkan secara rinci sebagai berikut:
Pengguna disini adalah berasal dari Fakultas Pertanian itu sendiri dan dari luar Fakultas Pertanian.
1.      Pengguna dari Fakultas Pertanian
Mahasiswa:
·         Areal parkir: mahasiswa yang datang atau belajar dikampus membawa kendaraan pastinya membutuhka tempat parkir, dan areal parkir Fakultas tentu menjadi pilihan utamanya.
·         Lapangan upacara: ketika ada upacara hari hari besar seperti 17 agustus, HARDIKNAS dll. Jika ingin melakukan upacara diFakultas tentulah disini tempatnya. Selanjutnya adalah OSPEK atau pengenalan kampus bagi mahasiswa bau dilingkungan Fakultas. Dan bisa juga digunakan sebagai lapangan olahraga.
·         Padma: mahasiswa yang beragama Hindu tentunya akan melkukan persembahyangan atau beribadah. Seperti berdoa sebelum memulai aktivitas pembelajaran dipagi hari dan setelah selesai.
·         Taman Gedung Dekanat: digunakan oleh para mahasiswa sebagai tempat berkumpul, baik itu sekedar ngobrol berbincang maupun berdiskusi dan mengerjakan tugas sambil menikmati alam.
Dosen&Staf:
·         Parkir: Dosen dan Staf  juga ada yang membawa kendaraan pribadi, dan membutuhkan tempat parkir.
·         Lapangan upacara: sama seperti mahasiswa, upacara seperti upacara bendera dan pembukaan OSPEK akan diikuti oleh seluruh Civitas Akademika dikampus Fakultas Pertanian.
·         Padma: Dosen dan staf juga umat beragama, sama seperti mahasiswa. Mereka sama sama melakukan ibadah persembahyangan.
2.      Pengguna dari Luar Fakultas Pertanian
Pengguna dari Luar Fakultas Pertanian adalah pengunjung atau tamu dari luar yang memiliki urusan atau kepentingan di Fakultas Pertanian. Seperti mahasiswa luar yang menjalani Study Banding ke Fakultas Pertanian UNUD, wli murid, atau lain sebagainya.
·         Parkir: setiap org yang masuk atau berkunjung ke Fakultas Pertanian, baik itu dosen, staf, mahasiswa ataupun Orang lain dari Fakultas Pertanian yang membawa kendaraan masing masing pastinya mebutuhkan tempat parkir yang aman dan nyaman.
·         Padma: pengunjung yang beragama hindu bukan tidak mungkin berniat untukmelaksanakan persembahyangan disana untuk memohon keselamatan.



BAB III
KESIMPULAN
            Ruang adalah sebidang lahan atau suatu areal memiliki batas batas yang jelas dan memiliki kingsi tertentu, baik itu fungsi ekologis, estetis, dan social ekonomi.
Ruang dapat dikatakan sebagai Elemen Lansekap.
            Pengguna adalah yang menggunakan atau yang berperan beraktivitas di Ruang atau bentang alam tersebut . Pengguna yang dimaksud adalah yang menggunakan atau yang beraktivtas diruag tersebut. Pengguna dapat berasal dari Fakultas Pertanian itu sendiri dan luar Fakultas Pertanian itu sendiri.
            Pengguna dari Fakultas Pertanian adalah Dosen, Staf dan Mahasiswa. Sedangkan yang dari Luar Fakultas pPertanian adalah Pengunjung, tamu atau orang lain yang berkepentingan diFakultas Peranian.

0 comments:

Gadget

This content isn't available over encrypted connections yet.

Gadget

This content isn't available over encrypted connections yet.